Tahukah Kamu Cylinder Head ?

Kepala silinder (Cylinder head) yaitu satu diantara komponen paling utama mesin yang dipasangkan pada blok silinder serta diikat memakai baut. Kepala silinder mesti tahan pada temperatur serta desakan yang tinggi sepanjang engine bekerja. Oleh karenanya biasanya kepala silinder di buat dari besi tuangkan. 

Pada sekarang ini banyak engine yang kepala silindernya terbuat dari gabungan aluminium. Kepala silinder yang terbuat dari gabungan Aluminium mempunyai kekuatan pendinginan semakin besar di Banding dengan yang terbuat dari besi tuangkan. 

Tahukah Kamu Cylinder Head ?

Manfaat dari kepala silinder salah satunya:
  1. Sebagai tempat pembakaran (ruangan bakar).
  2. Sebagai tempat kelengkapan mekanisme katup.
  3. Saluran pemasukan.
  4. Saluran pembuangan.
  5. Tempat pemasangan busi. 
  6. Tempat water jacket (Mantel pendingin). 
Mekanisme katup pada kepala silinder ada terbagi dalam sebagian komponen, seperti katup, spring, valve guide, valve seat, serta lain sebagainya. Terdapat banyak jenis mekanisme katup yang dipakai pada mobil-mobil sekarang ini, seperti ohv, ohc, dohc serta lain sebagainya. 

Manfaat dari komponen-komponen dari cylinder head yaitu seperti berikut: 
  1. Spark plug (Busi) : Untuk membuahkan loncatan bunga api yang diperlukan untuk membakar kombinasi hawa serta bahan bakar. 
  2. Adjusting shim : penyetel celah katup. 
  3. Valve guide : sebagai penghantar gerakan katup. 
  4. Gasket : sebagai perapat pada kepala silinder serta block silinder, supaya tak berlangsung kebocoran. 
  5. Water jacket : sebagai saluran air pendingin dalam mendinginkan komponen komponen mesin. 
  6. Cylinder block : untuk tempat pembakaran/tempat bekerjanya. 
  7. Valve lifter : dimaksud juga pengangkat katup. 
  8. Exhaust valve (katup buang) : berperan untuk tutup serta buka saluran buang (exhaust manifold). 
  9. Intake valve (Katup hisap) : untuk buka serta tutup saluran masuk (Intake Manifold). Katup hisap ukurannya semakin besar dari pada katup buang. 
  10. Piston (Torak) : untuk mengubah tenaga panas jadi tenaga mekanik.
  11. Combustion chamber (Ruangan Bakar) : sebagai tempat pembakaran. 
  12. Valve seat : sebagai tempat dudukan kepala katup. 
  13. Oil seal : Sebagai perapat oli supaya tak masuk ke ruangan bakar. 
  14. Valve keepers : sebagai pengunci pada katup dengan pegas katup. 
  15. To exhaust manifold : terkait dengan exhaust manifold. 
  16. To intake manifold : terkait dengan intake manifold.
Simak juga informasi Harga Cylinder Head Mobil

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Mobil Hatchback Legendaris Starlet

Mengenal Lebih Jauh Sepeda Hybrid

Waktu Yang Tepat Untuk Spooring dan Balancing Ban Mobil